Thursday, May 4, 2017

Contoh Desain Rumah Dinding Bambu Unik Nyaman Indah

Tips desain tempat tinggal atau rumah bambu unik – tempat tinggal atau rumah bambu terkadang memang dipkamung sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat kita. karena desain tempat tinggal atau rumah yg terbuat dari bambu ini sering dinilai sebagai bentuk tempat tinggal atau rumah yg kurang layak jika digunakan untuk tempat tinggal. (contoh rumah dinding bambu cocok ntuk restoran) namun tidak bisa dipungkiri bahwa desain tempat tinggal atau rumah bambu sebenarnya memiliki desain bangunan dengan nilai seni yg tinggi sebagaimana kita melihat begitu banyaknya tempat tinggal atau rumah yg terbuat dari bambu yg terdapat di kawasan wisata.



Tempat tinggal atau rumah tersebut sangatlah diminati oleh para wisatawan untuk beristirahat sekedar melepaskan lelah di tempat wisata. dengan nilai seni tinggi yg dimilikinya membuat tempat tinggal atau rumah dengan desain bambu ini sangat mendukung suasana tempat wisata yg identic dengan sarana untuk refreshing. selain itu perlu kita ketahui sebelumya bahwa desain tempat tinggal atau rumah yg terbuat dari bambu adalah salah satu warisan budaya negeri kita dengan berdasarkan pada tempat tinggal atau rumah-tempat tinggal atau rumah adat yg ada di provinsi di negeri indonesia.

http://www.maxyproperty.com/2016/05/contoh-desain-rumah-dinding-bambu-unik.html


Bambu adalah material alam yg banyak kita temukan di indonesia. ada beragam kreasi yg bisa kita hasilkan dari bambu, misalnya seperti furniture, alat music hingga material tempat tinggal atau rumah yg bisa digunakan dalam arsitetur desain tempat tinggal atau rumah tinggal bambu. bambu sendiri memiliki serat liat dan keelastisannya dapat menahan beban tekanan, tarikan, geseran maupun tekukan dengan baik. selain itu, keberadaannya yg begitu melimpah di alam, murah dan masa tumbuhnya yg relative lebih cepat dibandingkan tanaman lain menjadi salah satu dari beberapa kelebihan yg dimilikinya jika dibandingkan dengan material kayu.



Kekurangan Rumah Bambu / Kayu




Namun ada beberapa kelemahan bambu jika digunakan sebagai material tempat tinggal atau rumah, yaitu sangat rentan terhadap kelembapan serta serangan dari serangga seperti rayap dan kumbang bubuk. tapi hal tersebut dapat kita atasi dengan proses pengawetan bambu yg tepat. selain itu aplikasi bambu yg difungsikan sebagai kolom yg tidak bersentuhan langsung dengan tanah tetapi didirikan di atas pondasi berupa umpak yg didirikan atau yg biasa disebt sebagai konstruksi panggung.

jika diamati, terdapat beberapa macam alasan dan keuntungan yg bisa kita dapatkan dari desain tempat tinggal atau rumah bambu ini sehingga membuat kita meyakini bahwa desain ini merupakan desain tempat tinggal atau rumah terbaik untuk kediaman manusia. beberapa macam alasan dan keuntungan tersebut antara lain

  1. Pada desain tempat tinggal atau rumah bambu terdapat nilai estetika yg cukup tinggi. contohnya kamu bisa melihatnya dari bangunan-bangunan gazebo yg dibangun secara alami di tempat-tempat, mushola dan pula tempat-tempat persinggahan yg cukup nyaman untuk kamu kunjungi. selain itu bagunan tempat tinggal atau rumah tinggal yg terbuat dari bambu pula dapat dirancang lebih estetis dan natural sehingga memberikan kesan yg menawan.
  2. desain tempat tinggal atau rumah bambu termasuk sebagai salah satu desain tempat tinggal atau rumah yg tahan gempa, hal tersebut dikeranakan anyaman bambu mampu menahan gelombang getaran yg disebabkan gempa sehingga tidak akan mudah roboh sebagaimana bangunan yg terbuat dari batu. kalaupun kamu kejatuhan dinding yg terbuat dari bambu, akibatnya tentu tidak akan separah jika kamu tertimpa dinding tempat tinggal atau rumah yg terbuat dari batu.
  3. desain tempat tinggal atau rumah bambu dikatakan lebih nyaman, dingin serta tidak memerlukan perawatan yg mahal. pasalnya, desain tempat tinggal atau rumah bambu ini tidak akan terasa panas pada saat kita berada di dalamnya. sehingga kita tidak membutuhkan ac di dalam tempat tinggal atau rumah, karena tanpa ac pun kita dapat merasakan udara dingin pada tempat tinggal atau rumah. dikarenakan udara dingin tersebut  datang dari sela-sela anyaman bambu yg terdapat pada dinding tempat tinggal atau rumah sehingga mampu memberikan kesejukan yg alami. desain tempat tinggal atau rumah ini sangat bagus karena akan membuat sang penghuni tempat tinggal atau rumah merasakan kenyamanan yg jarang bisa didapatkan ketika beristirahat di tempat tinggal atau rumah selain yg terbuat dari bambu. bisa dikatakan bahwa desain tempat tinggal atau rumah ini merupakan desai tempat tinggal atau rumah impian bagi mereka yg menyukai konsep tempat tinggal atau rumah sederhana namun tetap nyaman dan asri untuk dihuni.
  4. jika dibandingkan dengan desain tempat tinggal atau rumah ynag terbuat dari beton, masa ketahanan bambu memang lebih pendek. namun dengan pembuatan desain tempat tinggal atau rumah bambu dengan pengelolaan serta ketahanan yg benar, mampu bertahan selama 20 tahun. caranya dengan melakukan perawatan khusus berupa pengawetan bambu. kamu bisa merendam bambau atau bisa pula dengan memolesnya dengan menggunakan bahan pengawet yg dapat menahan bambu dari kerusakan yg diakibatkan lapuk atau dimakan oleh serangga.

Berikut ini ada beberapa tips desain rumah bambu unik yang aman dan nyaman, antara lain

http://www.maxyproperty.com/2016/05/contoh-desain-rumah-dinding-bambu-unik.html


  • kamu musti melakukan pengecekkan terlebih dahulu diameter bambu yg tersedia agar pada saat pembangunan berlangsung tidak akan terjadi kesulitan dalam mencari bahan sehingga menghambat proses pembangunan
  • ada baiknya jika bambu yg akan digunakan untuk bangunan sebelumnya dilsayakan proses pengawetan supaya mencegah adanya gangguan hewan yg bisa merusak konstruksi bambu. caranya adalah bisa dengan melalui proses perendaman atau pengawetan menggunakan bahan kimia yg mampu mengawetkan bambu.
  • pada saat penyusunan bambu serta pembuatan konstruksi tempat tinggal atau rumah dimulai, disarankan agar tidak menggunakan psaya besi. karena jenis psaya ini ksaya serta tidak lentur sehingga bisa membuat bahan ini gampang rusak.
  • gunakanlah psaya pasak,. karena model psaya ini terbuat dari bambu atau kayu yg sebelumnya telah dipotong kecil-kecil sehingga memiliki bentuk yg menyerupai psaya. dan untuk membuat lobangnya bisa dilsayakan dengan menggunakan bor.
  • desain yg kamu buatmustilah disesuaikan dengan kondisi alam atau lingkungan yg ada di sekitar bangunan, hal tersbeut dilsayakan agar terciptanya desain yg menyatu dengan alam sekitar sehingga membuat tempat tinggal atau rumah bambu kamu akan terasa eksotik.
  • kamu pula bisa memadupadankan dengan beraneka material lainnya seperti batu alam, atap genteng amaupun atap rumbia.
  • kamu pula bisa menambahkan taman di bagian halaman tempat tinggal atau rumah yg dilengkapi dengan kolam ikan serta dihiasi dengan taman-taman hijau sehingga akan menambah keasrian tempat tinggal atau rumah.
  • gunakanlah warna cat yg tidak akan merusak warna asli dari bambu tersebut. misalnya saja seperti cat transparan atau yg biasa disebut dengan plamir sehingga mampu memunculkan tekstur asli dari bambu tersebut.
  • lsayakanlah perawatan tempat tinggal atau rumah secara berkala, baik dari segi kebersihan, kerusakan, pengecatan serta pula lsayakan perawatan terhadap bambu dari gangguan hewan yg bisa merusak konstruksi tempat tinggal atau rumah.

0 komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

PENGUNJUNG